SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan
     :  SMA/MA/SMK/MAK
Kelas                           :  X
Semester                     : Ganjil
Kompetensi
Inti          : 
 KI 1    :
    Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
 KI 2    :     Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3    :
    Memahami,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 KI 4    :     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi  keilmuan
| 
    
KOMPETENSI DASAR 
 | 
   
    
INDIKATOR 
 | 
   
    
MATERI POKOK 
 | 
   
    
PEMBELAJARAN 
 | 
   
    
PENILAIAN 
 | 
   
    
ALOKASI WAKTU 
 | 
   
    
SUMBER BELAJAR 
 | 
  
| 
   
1 
 | 
 ||||||
| 
   
1.1     
  Menghargai dan
  men-syukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
  untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
  berbahasa daerah, serta   untuk
  melestarikandan mengembangkan budaya daerah untuk
  didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan  kebudayaan 
  Nasional. 
 | 
  
   
1.1.1       
  Berdoa sebelum
  dan sesudah melakukan kegiatan 
1.1.2       
  Memberi salam
  pada  awal dan akhir pembelajaran 
 | 
  
   
ü  Terintegrasi
  dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4 
 | 
  
   
Observasi: 
Mengamati sikap
  spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
  observasi yang berkaitan dengan : 
ü  
  Observasi peserta
  didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran 
ü  
  Observasi peserta
  didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
  akhir pembelajaran  
Penilaian
  diri : 
ü  Peserta didik menilai diri
  sendiri dalam hal penyelesaian pekerjaan dengan jujur. 
Jurnal: 
ü Catatan guru tentang ketepatan waktu menyelesaikan hasil berkaitan
  artikel oleh peserta didik 
 | 
  
   
6 jp 
 | 
  
   
Tatabahasa Baku Bahasa
  Jawa/Madura 
Kamus Bahasa
  Jawa/Madura 
Majalah Barbahasa
  Jawa/Madura 
 | 
 |
| 
   
2.1    Menunjukkan perilaku jujur,       tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah    untuk
  menunjukkan  tahapan dan langkah kegiatan yang
  telah ditentukan. 
 | 
  
   
2.1.1       
  Membuat tanggapan dengan sunghuh-sungguh 
2.1.2       
  Menyelesaikan tugas tepat
  waktu 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
3.1    
  Mengidentifikasi,
  memahami,       dan menganalisis teks
  nonsastra (berita, artikel, laporan, dan lainnya) secara lisan dan tulis.  
4.1    
  Menginterpretasi,
  menanggapi dan mengekspresikan isi teks nonsastra  secara lisan dan tulis.  
 | 
  
   
3.1.1 Menjelaskan struktur artikel. 
3.1.2   Menjelaskan jenis artikel. 
3.1.3   Menganalisis isi artikel. 
4.1.1   Membaca ekspresif teks artikel. 
4.1.2   Meringkas artikel 
4.1.3   Menanggapi  isi artikel. 
4.1.4   Menulis artikel sederhana 
 | 
  
   
·        
  Teks artikel 
·        
  Struktur
  artikel 
·        
  Jenis artikel 
·        
  isi artikel 
·        
  Teknik membaca
  ekspresi 
·        
  Teknik
  meringkas 
·        
  Teknik menulis
  artikel 
 | 
  
   
Mengamati: 
Ø  Peserta didik membaca artikel 
Ø  Peserta didik mencermati  struktur artikel. 
Ø  Peserta didik mencermati  jenis
  artikel.  
Ø  Peserta didik mencermati  isi artikel 
Menanya : 
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang struktur
  artikel 
Ø   Peserta didik bertanya jawab
  tentang jenis artikel 
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang isi
  artikel 
Mengumpulkan informasi : 
ü  Peserta didik mencari informasi tentang struktur
  artikel dari berbagai sumber. 
ü  Peserta didik mencari informasi tentang jenis artikel dari berbagai sumber.   
ü  Peserta didik mendiskusikan isi artikel
  dari berbagai sumber.  
Mengasosiasi 
Ø  Peserta didik  membandingkan jenis
  artikel dari berbagai sumber. 
Ø  Peserta didik menyimpulkan  isi artikel. 
Mengomunikasikan: 
Ø  Peserta didik menyampaikan tanggapan tentang isi artikel. 
Ø  Peserta didik membaca ekspresif artikel. 
 | 
  
   
Penugasan:  
ü 
  Peserta didik
  ditugasi mencermati teks artikel dan diberi tugas individual untuk menemukan
  struktur, jenis dan isi artikel 
Portofolio :   
ü 
  Menilai
  kumpulan artikel hasil pekerjaan peserta didik  
Tes Tulis : 
ü
  Menilai
  kemampuan peserta didik dalam menulis tanggapan tentang struktur, jenis, dan
  isi artikel. 
Tes
  Praktik: 
ü
  Membaca
  ekspresif artikel.  
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
 ||||||
| 
   
1.2    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan
  mengunakannya sesuai kaidah dalam konteks kebhinekaan 
 | 
  
   
1.2.1       
  Berdoa sebelum
  dan sesudah melakukan kegiatan. 
1.2.2       
  Memberi salam
  pada saat awal dan akhir pembelajaran. 
 | 
  
   
ü  Terintegrasi
  dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4 
 | 
  
   
Observasi: 
Mengamati sikap
  spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
  observasi yang berkaitan dengan : 
ü  
  Observasi peserta
  didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran. 
ü  
  Observasi peserta
  didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
  akhir pembelajaran.  
Penilaian Diri : 
ü  Peserta didik menilai diri
  sendiri tentang kejujurannya  dalam
  mengungkapan perasaan 
Jurnal : 
ü  Catatan guru tentang perilaku peserta
  didik dalam proses pembelajaran 
 | 
  
   | 
  
   
Buku Kasusastran
  Jawa/Madura 
Buku Kawruh Basa
  Jawa/Madura 
 | 
 |
| 
   
2.2     Menunjukkan perilaku jujur,       tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah    untuk
  menunjukkan  tahapan dan langkah kegiatan yang
  telah ditentukan. 
 | 
  
   
2.2.1       
  Mengungkapkan perasaan apa adanya. 
2.2.2       
  Menyelesaikan tugas tepat waktu 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
3.2      Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis unsur
  intrinsik maupun ekstrinsik teks sastra klasik dan  modern secara lisan dan tulis.  
4.2   Menginterpretasi,
  menanggapi dan       mengekspresikan
  teks sastra modern dan klasik (wayang /
  topѐng ḍhâlâng) sesuai isi   secara lisan dan tulis. 
 | 
  
   
3.2.1 Menganalisis unsur
  intrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
3.2.2  
  Menganalisis unsur ekstrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
3.2.3  
  Menganalisis   relevansi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng dengan zaman sekarang 
4.1.1  
  Menceritakan isi  cerita
  wayang/ topѐng ḍhâlâng 
4.1.2  
  Menanggapi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
4.1.3  
  Membaca indah teks dialog cerita wayang/
  topѐng ḍhâlâng 
 | 
  
   
·        
  Teks cerita
  wayang/ topѐng ḍhâlâng 
·        
  Unsur intrinsik
  cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
·        
  Unsur
  ekstrinsik cerita wayang/ topѐng
  ḍhâlâng 
·        
  Relevansi isi
  cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
  dengan zaman sekarang 
·     
  Deskripsi isi cerita wayang/
  topѐng ḍhâlâng 
·      Teknik membaca indah
  teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng. 
 | 
  
   
Mengamati: 
Ø  Peserta didik menyimak tayangan cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng   
Ø  Peserta didik mencermati  unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Ø  Peserta didik mencermati  unsur ekstrinsik dan ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Ø  Peserta didik mencermati 
  relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Menanya  
Ø  Peserta didik bertanyajawab tentang 
  unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Ø  Peserta didik bertanyajawab tentang 
  unsur 
  ekstrinsik teks cerita wayang/
  topѐng ḍhâlâng 
Ø  Peserta didik bertanyajawab tentang 
  relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Mengumpulkan informasi : 
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang unsur
  instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi 
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang unsur
  ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng  melalui diskusi 
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi 
Mengasosiasi : 
Ø  Peserta didik menganalisis  unsur intrinsik teks cerita wayang /topѐng
  ḍhâlâng dari berbagai sumber 
Ø  Peserta didik menganalisis  unsur ekstrinsik teks cerita wayang /topѐng
  ḍhâlâng dari berbagai sumber 
Ø  Peserta didik menghubungkan relevansi
  cerita wayang dengan kehidupan zaman
  sekarang 
Mengomunikasikan: 
Ø  Peserta didik
  menceritakan isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Ø  Peserta didik
  menanggapi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Ø  Peserta didik membaca indah teks dialog cerita
  wayang/ topѐng ḍhâlângdi depan kelas secara
  bergiliran 
 | 
  
   
Tes Tulis : 
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam
  memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik teks cerita  wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Penugasan :  
ü  Menulis ringkasan teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Tes Praktik 
ü  
  Membaca indah
  teks dialog dalam cerita wayang/ topѐng
  ḍhâlâng 
ü  
  Menceritakan isi teks  cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
 | 
  
   
6  jp 
 | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
 ||||||
| 
   
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
  daerah  dan menggunakannya sebagai
  sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
  lisan dan tulis.  
 | 
  
   
1.2.3       
  Berdoa sebelum
  dan sesudah melakukan kegiatan 
1.2.4       
  Memberi salam
  pada saat awal dan akhir pembelajaran 
 | 
  
   
ü  Terintegrasi
  dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4 
 | 
  
   
Observasi: 
Mengamati sikap
  spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
  observasi yang berkaitan dengan : 
ü Observasi peserta didik tentang
  pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran. 
ü Observasi peserta didik tentang
  pembiasaan memberi salam pada awal dan
  akhir pembelajaran.  
 | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
2.4 Menunjukkan perilaku
  jujur,       disiplin, peduli, dan
  santun dalam menggunakan bahasa daerah   
  dalam konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial,
  politik, ekonomi, dan kebijakan publik. 
 | 
  
   
2.4.1   Tidak berkata-kata kotor 
2.4.2   Tidak menyela pembicaraan. 
2.4.3   Aktif dalam kerja kelompok 
 | 
  
   
·        
  Terintegrasi
  dalam  materi pada  KD 3 dan KD 4 
 | 
  
   
ü 
  Terintegrasi
  dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4 
 | 
  
   
Jurnal : 
ü Catatan  guru tentang kesantunan siswa dalam pembelajaran 
 | 
  
   
6 jp 
 | 
  
   
Buku tentang Drama
  Bebahasa Jawa/Madura 
Buku Kasusastran
  Jawa/Madura 
 | 
 
| 
   
3.3  Memahami karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan
  bermain peran, dialog, dan  berdiskusi
  sesuai dengan tatakrama. 
4.3 Bermain peran, berdialog, atau  berdiskusi sesuai  tatakrama 
 | 
  
   
3.3.1   
  Mengidentifikasi
  ciri ragam bahasa lisan dalam
  teks bermain peran. 
3.3.2   
  Menganalisis
  karakteristik bahasa lisan dalam bermain peran 
4.3.1 Membaca naskah sesuai dengan peran dalam teks 
4.3.2  Memperagakan
  peran sesuai karakter tokoh dalam teks. 
4.3.3  Menyusun teks drama sederhana. 
 | 
  
   
ü
  Teks drama. 
ü
  Ragam bahasa
  lisan  
ü Karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain
  peran. 
ü Teknik membaca naskah
  drama. 
ü Teknik bermain peran. 
ü Teknik menulis naskah
  drama.  
 | 
  
   
Mengamati: 
Ø  Peserta didik mengamati pemodelan bermain peran. 
Ø   Peserta didik mencermati  karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan
  bermain peran 
Menanya  
Ø  Peserta didik bertanya jawab
  tentang hal-hal yang berhubungan dengan karakteristik
  bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran 
Mengumpulkan informasi : 
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang karakteristik
  bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran melalui kerja kelompok 
Ø  Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik
  bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran. 
Mengasosiasi 
Ø  Peserta didik menganalisis ragam bahasa 
  dalam teks drama. 
Ø  Peserta didik menghubungkan peran dengan ragam bahasa  yang digunakan.  
Mengomunikasikan: 
Ø  Peserta didik membaca ekspresif naskah drama. 
Ø  Peserta didik memperagakan naskah drama. 
Ø  Peserta didik menulis naskah drama. 
 | 
  
   
Penugasan
  :  
ü  Menulis naskah drama. 
Tes Tulis : 
ü 
  Menilai kemampuan peserta
  didik dalam memahami, karakterisitik bahasa
  lisan dalam teks
  bermain peran. 
Tes Praktik : 
ü 
  Membaca ekspresif naskah drama. 
ü 
  Bermain peran. 
Portofolio
  : 
 Kumpulan
  hasil karya peserta didik berupa naskah drama. 
 | 
  
   | 
 |
| 
   
4 
 | 
 ||||||
| 
   
1.3  Mensyukuri
  anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai
  sarana komunikasi dan memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan
  dan tulis.  
 | 
  
   
1.3.1 Berdoa
  sebelum dan sesudah melakukan kegiatan 
1.3.2 Memberi
  salam pada saat dan akhir pelajaran  
 | 
  
   
ü  Terintegrasi
  dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4 
 | 
  
   
Observasi: 
Mengamati sikap
  spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
  observasi yang berkaitan dengan : 
ü Observasi peserta didik tentang
  pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran. 
ü Observasi peserta didik tentang
  pembiasaan memberi salam pada awal dan
  akhir pembelajaran.  
Jurnal : 
ü Catatan  guru tentang perilaku peserta didik dalam pembelajaran. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
2.4  Menunjukkan perilaku jujur,       disiplin, peduli, dan santun dalam
  menggunakan bahasa daerah    dalam
  konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi,
  dan kebijakan publik. 
 | 
  
   
2.4.1       
  Tidak menyontek
  dalam mengerjakan tugas 
2.4.2       
  Tidak menjadi
  plagiator 
2.4.3       
  Mengerjakan tugas tepat waktu 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
Penilaian Diri : 
ü Daftar isian dari peserta didik tentang kejujuran dan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.5   Mengidentifikasi, memahami, dan
  menganalisis  teks beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah. 
4.5   Menyusun
  paragraf   menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah . 
 | 
  
   
3.5.1   Menandai tata tulis aksara Jawa /carakan Madura
  dalam wacana 
3.5.2     Mengelompokkan tata
  tulis aksara Jawa /carakan Madura sesuai dengan
  fungsinya. 
4.5.1       
  Menulis kalimat
  menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah. 
4.5.2       
  Menulis
  paragraf  menggunakan aksara Jawa /carakan
  Madura sesuai kaidah 
4.5.3       
  Mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke  aksara
  Jawa /carakan Madura sesuai kaidah 
 | 
  
   
ü
  Teks beraksara
  Jawa /carakan Madura 
ü
  Tata tulis :  
-      
  pada lingsa/lèngsa 
-      
   pada lungsi/longsè 
-      
  pada adeg-adeg/dhek-adhek. 
-      
  pada pangkat/tanḍhȃ
  pangkat. 
-      
  dll 
ü
  Fungsi tata tulis aksara Jawa /carakan
  Madura 
·        
  Teknik menulis 
  kalimat aksara Jawa /carakan Madura 
·        
  Teknik menulis 
  paragraf aksara Jawa /carakan Madura 
·        
  Teknik mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke  aksara
  Jawa /carakan Madura  
 | 
  
   
Mengamati: 
Ø  Peserta didik mencermati tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks 
Ø  Peserta didik menandai
  tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks 
Menanya  
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang tata
  tulis aksara Jawa/ carakan Madura  
Mengumpulkan informasi : 
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang tata
  tulis aksara Jawa/ carakan Madura melalui kerja kelompok  
Ø  Peserta didik mendiskusikan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura  
Ø  Peserta didik berlatih mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke  aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah 
Mengasosiasi 
Ø  Peserta didik menganalisis penerapan tata tulis  aksara Jawa/ carakan Madura 
Ø  Peserta didik menyimpulkan  tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura sesuai dengan
  fungsinya 
Mengomunikasikan: 
Ø 
  Peserta didik mengalihtuliskan
  paragaraf beraksara Latin ke  aksara Jawa /carakan
  Madura  dan sebaliknya sesuai
  kaidah  
Ø 
  Peserta didik menulis paragraf 
  menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah 
 | 
  
   
Tes tertulis : 
ü
  Menilai
  kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan tata tulis  aksara Jawa /carakan Madura  
Penugasan:  
ü
  Menulis
  paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan Madura  
Tes Praktik: 
ü
  Mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke  aksara
  Jawa /carakan Madura  dan sebaliknya sesuai kaidah  
Portofolio :   
ü  Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik 
  berupa teks ber aksara Jawa/ carakan Madura  
 | 
  
   
6 jp 
 | 
  
   | 
 
SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM
2013
Satuan Pendidikan
     :  SMA/MA/SMK/MAK
Kelas                           :  X
Semester                     : Genap
Kompetensi Inti          : 
KI 1     :     Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2     :     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3     :     Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4     :     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi  keilmuan
| 
    
KOMPETENSI DASAR 
 | 
   
    
INDIKATOR 
 | 
   
    
MATERI POKOK 
 | 
   
    
PEMBELAJARAN 
 | 
   
    
PENILAIAN 
 | 
   
    
ALOKASI WAKTU 
 | 
   
    
SUMBER BELAJAR 
 | 
  
| 
   
5 
 | 
 ||||||
| 
   
1.1    Menghargai dan men-syukuri keberadaan bahasa
  daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
  berbahasa daerah, serta   untuk
  melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk
  didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan  kebudayaan 
  Nasional. 
 | 
  
   
1.1.1       
  Berdoa
  sebelum dan sesudah melakukan kegiatan 
1.1.2 Memberi
  salam pada saat dan akhir pelajaran  
 | 
  
   
Terintegrasi dalam 
  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4 
 | 
  
   
Observasi: 
Mengamati sikap
  spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
  observasi yang berkaitan dengan : 
ü Observasi peserta didik tentang
  pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran. 
ü Observasi peserta didik tentang
  pembiasaan memberi salam pada awal dan
  akhir pembelajaran.  
Jurnal : 
ü  Catatan  guru tentang kegiatan belajar peserta didik 
 | 
  
   
6 jam 
 | 
  
   
Buku Kawruh Kasusastran
  Jawa/ Madura 
Kamus Bahasa Jawa/Madura 
Artikel berbahasa
  Jawa/Madura 
 | 
 |
| 
   
2.1      Menunjukkan sikap tanggung       jawab, peduli, responsif, dan santun
  menggunakan bahasa daerah   dalam teks
  sastra dan nonsastra, wacana beraksara Jawa/carakan Madura, dengan tema
  bahasa, sastra dan budaya daerah. 
 | 
  
   
2.1.1       
  Membetulkan
  kesalahan berbahasa teman dalam berkomunikasi 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
| 
   
3.4  Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis
  penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra
  secara lisan dan tulis. 
4.4 Membandingkan
  penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara lisan dan tulis. 
 | 
  
   
3.4.1    
  Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks sastra. 
3.4.2    
  Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks non sastra 
3.4.3    
  Mengklasifikasikan jenis basa
  rinengga/lalongèt dalam teks 
3.4.4    
  Menjelaskan
  makna basa rinengga/lalongèt  dalam teks. 
3.4.5    
  Menganalisis
  basa
  rinengga/lalongèt dalam teks 
3.4.6    
  Menganalisis panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya. 
4.4.1       
  Membandingkan penggunaan bahasa dalam teks sastra
  dengan  teks non sastra. 
4.4.2       
  Membuat kalimat yang
  memuat basa
  rinengga/lalongèt 
4.4.3    
  Menulis paragraf yang memuat basa
  rinengga/lalongèt 
3.4.7    
  Mendemonstrasikan teks panyandra/oca’ pangalem  dalam kegiatan budaya. 
 | 
  
   
·        
  Teks yang memuat basa rinengga/lalongèt 
·        
  Karakterisitik bahasa dalam teks sastra 
·        
  Jenis basa rinengga/ lalongèt  
·        
  Makna basa rinengga/ lalongèt. 
·        
  Penggunaan basa rinengga/ lalongèt  . 
·        
  panyandra/oca’
  pangalem 
·        
  Teks sastra dan
  non sastra 
·      Teknik menyusun kalimat 
·      Teknik menyusun 
  paragraf 
·      Teks panyandra/oca’
  pangalem   
 | 
  
   
Mengamati: 
Ø  Peserta didik membaca teks yang memuat basa rinengga/lalongèt 
Ø  Peserta didik mencermati  ciri-ciri dan jenis basa rinengga/lalongèt 
Menanya:  
Ø  Peserta didik bertanya jawab
  tentang ciri-ciri bahasa dalam teks
  sastra. 
Ø  Peserta didik bertanya jawab
  tentang ciri-ciri bahasa dalam teks non
  sastra 
Ø  Peserta didik bertanya jawab
  tentang jenis dan makna basa rinengga/lalongèt 
Mengumpulkan informasi : 
Ø   Peserta didik mencari informasi tentang basa rinengga/lalongèt dalam
  teks. 
Ø   Peserta didik mendiskusikan  basa rinengga/lalongèt dalam
  teks. 
Ø   Peserta didik berlatih menulis kalimat menggunakan   basa rinengga/lalongèt.. 
Mengasosiasi 
Ø  Peserta didik menganalisis  basa rinengga/lalongèt
  dalam teks 
Ø  Peserta didik menyimpulkan   jenis basa
  rinengga/lalongèt
  berdasarkan perbedaan cirinya 
Mengomunikasikan: 
Ø  Peserta didik menyampaikan hasil temuan  basa rinengga/lalongèt masing-masing
  kelompok di depan kelas 
Ø  Peserta didik menulis kalimat yang memuat basa  rinengga/lalongèt. 
Ø  Peserta didik mengubah kalimat lugas menjadi kalimat yang menggunakan basa 
  rinengga/lalongèt. 
Ø  Peserta didik mendemonstrasikan
  pembacaan teks panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya  
 | 
  
   
Penugasan: 
ü
  Membuat paragraf menggunakan basa rinengga/lalongèt 
Tes  Tulis : 
ü
  Menilai
  kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan basa rinengga/lalongèt 
Tes
  Praktik  
ü 
  Menyajikan teks
  panyandra/oca’ pangalem 
Portofolio 
ü 
  Kumpulan hasil
  kerja peserta didik. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
6 
 | 
 ||||||
| 
   
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
  daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
  menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis 
 | 
  
   
1.3.1    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
  kegiatan 
1.3.2 Memberi
  salam pada saat dan akhir pelajaran  
 | 
  
   
ü  Terintegrasi
  dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4 
 | 
  
   
Observasi: 
Mengamati sikap
  spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
  observasi yang berkaitan dengan : 
ü  
  Observasi peserta
  didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran. 
ü  
  Observasi peserta
  didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
  akhir pembelajaran.  
 | 
  
   
6 jp 
 | 
  
   
Buku Pedoman Penulisan
  Aksara Jawa/Carakan Madura 
 | 
 |
| 
   
2.2 Menunjukkan perilaku
  jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif menggunakan bahasa daerah dalam
  pelaporan hasil karya sastra dan nonsastra, wacana beraksara Jawa/carakan
  Madhurả, dengan tema bahasa, sastra dan budaya daerah. 
 | 
  
   
2.2.1  Selalu
  menggunakan bahasa daerah dalam berkomonikasi 
 | 
  
   | 
  
   
Penilaian Diri 
ü Menilai diri
  sendiri  tentang penggunaan bahasa
  daerah  dalam berkomunikasi 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
3.5     
  Mengidentifikasi,
  memahami, dan menganalisis  teks
  beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah 
4.5   Menyusun paragraf   menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah 
 | 
  
   
3.5.1  
  Menjelaskan
  tatacara penulisan Aksara Murda/aksara rajȃ. 
3.5.2  
  Menjelaskan
  tatacara penulisan Aksara Swara. 
3.5.3  
  Menjelaskan
  tatacara penulisan Aksara Rekan/aksara rèkaan. 
4.5.1 Menulis kalimat yang mengandung Aksara
  Murda/aksara rajȃ  
4.5.2  
  Menulis kalimat
  yang mengandung Aksara Swara. 
4.5.3  
  Menulis kalimat
  yang mengandung  Aksara Rekan/aksara rèkaan. 
4.5.4  
  Menulis
  paragraf  yang padu. 
 | 
  
   
·      Teks yang memuat Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan 
·      Tata cara penulisan: 
- Aksara
  Murda/aksara rajȃ. 
- aksara swara/ 
·   Aksara
  Rekan/aksara rèkaan 
·      Teknik menulis kalimat menggunakan : 
-      
  Aksara Murda/aksara
  rajȃ 
-      
  Aksara Swara 
-      
  Aksara Rekan/aksara
  rèkaan  
·      Teknik menulis paragraf 
 | 
  
   
Mengamati: 
Ø Peserta didik membaca teks yang memuat  Aksara Murda/aksara
  rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
  rèkaan. 
Ø Mencermati  tata tulis Aksara Murda/aksara
  rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
  rèkaan. 
Menanya  
Ø Peserta didik bertanya jawab
  tentang hal-hal yang berhubungan dengan tata
  tulis kalimat menggunakan  Aksara Murda/aksara
  rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
  rèkaan. 
Mengumpulkan informasi : 
Ø Peserta didik mencari informasi tentang tata
  tulis kalimat menggunakan  Aksara Murda/aksara
  rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
  rèkaan dari berbagai sumber  
Ø
  Peserta didik berlatih menulis kalimat menggunakan  Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.  
Mengasosiasi 
Ø  Peserta didik menganalisis penerapan  Aksara Murda/aksara
  rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
  rèkaan. 
Ø  Peserta didik menyimpulkan  tata tulis aksara Jawa/carakan Madura menggunakan Aksara Murda/aksara
  rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
  rèkaan. 
Mengomunikasikan: 
Ø  Peserta didik menulis kalimat yang memuat  Aksara Murda/aksara
  rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
  rèkaan. 
Ø   Peserta didik menulis paragraf 
  padu menggunakan Aksara Murda/aksara
  rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
  rèkaan. 
 | 
  
   
Tes Tulis : 
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam menulis teks aksara Jawa/carakan Madura 
Penugasan : 
ü Menulis kalimat menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan 
Tes Praktik : 
ü Menulis paragraf padu
  menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ,
  Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan 
ü Membaca paragraf padu
  menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ,
  Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan 
Portofolio
  :   
ü Kumpulan hasil kerja 
  peserta didik tentang tatatulis Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Rekan/aksara rèkaan. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
1.4 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
  keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam
  mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis.  
 | 
  
   
1.4.1 Berdoa
  sebelum dan sesudah melakukan kegiatan 
1.4.2 Memberi
  salam pada saat dan akhir pelajaran  
 | 
  
   
ü  Terintegrasi
  dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4 
 | 
  
   
Observasi: 
Mengamati sikap spiriual dan sosial
  peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan
  dengan : 
ü Observasi peserta didik tentang
  pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran. 
ü Observasi peserta didik tentang
  pembiasaan memberi salam pada awal dan
  akhir pembelajaran. 
 | 
  
   
8 jp 
 | 
  
   | 
 |
| 
   
2.1 Menunjukkan
  sikap tanggung       jawab, peduli,
  responsif, dan santun menggunakan bahasa daerah   dalam teks sastra dan non sastra, wacana
  beraksara Jawa/carakan Madhurâ,
  dengan tema bahasa, sastra dan budaya daerah. 
 | 
  
   
2.1.1  Mengerjakan
  tugas
  tepat waktu 
2.1.2Tidak menjadi plagiator dalam berkarya 
2.1.3Melibatkan diri dalam
  berbagai kegiatan. 
 | 
  
   | 
  
   
Penilaian Diri: 
ü  Menilai diri sendiri tentang tanggung jawab, kejujuran, dan kepedulian
  dalam mengerjakan tugas. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
3.6   Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis  puisi tradisional atau modern  sesuai dengan karakteristik. 
4.6  Membaca, mencipta, dan mempublikasikan
  puisi tradisional atau modern. 
 | 
  
   
3.6.1 Menjelaskan jenis tembang macapat/ mamaca macopat 
3.6.2 Menjelaskan ciri-ciri tembang macapat/ mamaca macopat 
3.6.3 Menjelaskan isi
  tembang macapat/ mamaca macopat.  
4.6.1Mengarang  tembang macapat/ mamaca macopat. 
4.6.2 Mempublikasikan
  tembang macapat/ mamaca macopat hasil karya sendiri. 
4.6.3 Melagukan tembang macapat/mamaca macopat karya
  sendiri di depan kelas. 
4.6.4 Menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat karya
  sendiri 
 | 
  
   
·        
  Teks tembang macapat/ mamaca macopat 
·        
  Jenis-jenis tembang macapat/ mamaca
  macopat 
·        
  Ciri-ciri tembang macapat/ mamaca
  macopat 
·        
  Teknik penulisan tembang macapat/ mamaca
  macopat 
·        
  Tatacara publikasi tembang macapat/mamaca macopat  
·        
  Teknik melagukan tembang macapat/ mamaca macopat 
 | 
  
   
Mengamati: 
Ø  Peserta didik mencermati jenis tembang macapat/mamaca macopat melalui 
  VCD. 
Ø  Peserta didik mencermati  ciri-ciri tembang macapat 
Menanya: 
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan ciri-ciri dan jenis tembang macapat/mamaca macopat 
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan cara membuat teks tembang macapat/mamaca macopat 
Mengumpulkan informasi : 
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang ciri,
  jenis dan cara membuat tembang macapat/mamaca macopat
  dari berbagai sumber  
Ø  Peserta didik mendiskusikan  ciri, jenis dan cara membuat tembang macapat/mamaca macopat . 
Ø  Peserta didik berlatih melagukan tembang macapat/mamaca macopat. 
Mengasosiasi 
Ø Peserta didik menganalisis  ciri-ciri dan jenis tembang macapat/mamaca macopat 
Ø Peserta didik menyimpulkan  tata cara membuat tembang macapat/mamaca macopat . 
Mengomunikasikan: 
Ø Peserta didik membuat tembang macapat/mamaca macopat 
Ø Peserta didik mempublikasikan tembang macapat/mamaca macopat
  hasil karyanya. 
Ø Peserta didik menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat hasil karyanya. 
 | 
  
   
Penugasan :
   
ü
  Mengarang tembang macapat/mamaca macopat.  
Tes Tulis : 
ü
  Menilai
  kemampuan peserta didik tentang jenis, ciri-ciri, dan isi tembang macapat/mamaca macopat  
Tes Praktik: 
ü
  Peserta didik
  melagukan tembang macapat/mamaca
  macopat karya sendiri. 
ü
  Peserta didik menceritakan isi tembang macapat/mamaca
  macopat karya sendiri. 
Portofolio :   
ü 
  Kumpulan hasil
  karya peserta didik. 
 | 
  
   | 
  
   
o 
  Buku Kasusastran
  Jawa/Madura 
o 
  Sarining
  Kasusastran Jawi 
o 
  Ki
  PadmaSoekotjo 
o 
  Nyekaraken
  (Tuntunan Tembang Macapat) 
o 
  Hardja Wiraga 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar