SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan
: SMA/MA/SMK/MAK
Kelas : X
Semester : Ganjil
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
||||||
1.1
Menghargai dan
men-syukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
berbahasa daerah, serta untuk
melestarikandan mengembangkan budaya daerah untuk
didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kebudayaan
Nasional.
|
1.1.1
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2
Memberi salam
pada awal dan akhir pembelajaran
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü
Observasi peserta
didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran
ü
Observasi peserta
didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran
Penilaian
diri :
ü Peserta didik menilai diri
sendiri dalam hal penyelesaian pekerjaan dengan jujur.
Jurnal:
ü Catatan guru tentang ketepatan waktu menyelesaikan hasil berkaitan
artikel oleh peserta didik
|
6 jp
|
Tatabahasa Baku Bahasa
Jawa/Madura
Kamus Bahasa
Jawa/Madura
Majalah Barbahasa
Jawa/Madura
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah untuk
menunjukkan tahapan dan langkah kegiatan yang
telah ditentukan.
|
2.1.1
Membuat tanggapan dengan sunghuh-sungguh
2.1.2
Menyelesaikan tugas tepat
waktu
|
|
|
|||
3.1
Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis teks
nonsastra (berita, artikel, laporan, dan lainnya) secara lisan dan tulis.
4.1
Menginterpretasi,
menanggapi dan mengekspresikan isi teks nonsastra secara lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menjelaskan struktur artikel.
3.1.2 Menjelaskan jenis artikel.
3.1.3 Menganalisis isi artikel.
4.1.1 Membaca ekspresif teks artikel.
4.1.2 Meringkas artikel
4.1.3 Menanggapi isi artikel.
4.1.4 Menulis artikel sederhana
|
·
Teks artikel
·
Struktur
artikel
·
Jenis artikel
·
isi artikel
·
Teknik membaca
ekspresi
·
Teknik
meringkas
·
Teknik menulis
artikel
|
Mengamati:
Ø Peserta didik membaca artikel
Ø Peserta didik mencermati struktur artikel.
Ø Peserta didik mencermati jenis
artikel.
Ø Peserta didik mencermati isi artikel
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang struktur
artikel
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang jenis artikel
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang isi
artikel
Mengumpulkan informasi :
ü Peserta didik mencari informasi tentang struktur
artikel dari berbagai sumber.
ü Peserta didik mencari informasi tentang jenis artikel dari berbagai sumber.
ü Peserta didik mendiskusikan isi artikel
dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik membandingkan jenis
artikel dari berbagai sumber.
Ø Peserta didik menyimpulkan isi artikel.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menyampaikan tanggapan tentang isi artikel.
Ø Peserta didik membaca ekspresif artikel.
|
Penugasan:
ü
Peserta didik
ditugasi mencermati teks artikel dan diberi tugas individual untuk menemukan
struktur, jenis dan isi artikel
Portofolio :
ü
Menilai
kumpulan artikel hasil pekerjaan peserta didik
Tes Tulis :
ü
Menilai
kemampuan peserta didik dalam menulis tanggapan tentang struktur, jenis, dan
isi artikel.
Tes
Praktik:
ü
Membaca
ekspresif artikel.
|
|
|
2
|
||||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan
mengunakannya sesuai kaidah dalam konteks kebhinekaan
|
1.2.1
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan kegiatan.
1.2.2
Memberi salam
pada saat awal dan akhir pembelajaran.
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü
Observasi peserta
didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü
Observasi peserta
didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
Penilaian Diri :
ü Peserta didik menilai diri
sendiri tentang kejujurannya dalam
mengungkapan perasaan
Jurnal :
ü Catatan guru tentang perilaku peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
|
Buku Kasusastran
Jawa/Madura
Buku Kawruh Basa
Jawa/Madura
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah untuk
menunjukkan tahapan dan langkah kegiatan yang
telah ditentukan.
|
2.2.1
Mengungkapkan perasaan apa adanya.
2.2.2
Menyelesaikan tugas tepat waktu
|
|
|
|||
3.2 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis unsur
intrinsik maupun ekstrinsik teks sastra klasik dan modern secara lisan dan tulis.
4.2 Menginterpretasi,
menanggapi dan mengekspresikan
teks sastra modern dan klasik (wayang /
topѐng ḍhâlâng) sesuai isi secara lisan dan tulis.
|
3.2.1 Menganalisis unsur
intrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.2
Menganalisis unsur ekstrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.3
Menganalisis relevansi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng dengan zaman sekarang
4.1.1
Menceritakan isi cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng
4.1.2
Menanggapi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
4.1.3
Membaca indah teks dialog cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
|
·
Teks cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng
·
Unsur intrinsik
cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
·
Unsur
ekstrinsik cerita wayang/ topѐng
ḍhâlâng
·
Relevansi isi
cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
dengan zaman sekarang
·
Deskripsi isi cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
· Teknik membaca indah
teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng.
|
Mengamati:
Ø Peserta didik menyimak tayangan cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik mencermati unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik mencermati unsur ekstrinsik dan ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik mencermati
relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Menanya
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang
unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang
unsur
ekstrinsik teks cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang
relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang unsur
instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Ø Peserta didik mencari informasi tentang unsur
ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Ø Peserta didik mencari informasi tentang relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis unsur intrinsik teks cerita wayang /topѐng
ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø Peserta didik menganalisis unsur ekstrinsik teks cerita wayang /topѐng
ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø Peserta didik menghubungkan relevansi
cerita wayang dengan kehidupan zaman
sekarang
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik
menceritakan isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik
menanggapi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik membaca indah teks dialog cerita
wayang/ topѐng ḍhâlângdi depan kelas secara
bergiliran
|
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam
memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Penugasan :
ü Menulis ringkasan teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Tes Praktik
ü
Membaca indah
teks dialog dalam cerita wayang/ topѐng
ḍhâlâng
ü
Menceritakan isi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
|
6 jp
|
|
3
|
||||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
daerah dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis.
|
1.2.3
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan kegiatan
1.2.4
Memberi salam
pada saat awal dan akhir pembelajaran
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang
pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta didik tentang
pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
|
|
|
|
2.4 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa daerah
dalam konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial,
politik, ekonomi, dan kebijakan publik.
|
2.4.1 Tidak berkata-kata kotor
2.4.2 Tidak menyela pembicaraan.
2.4.3 Aktif dalam kerja kelompok
|
·
Terintegrasi
dalam materi pada KD 3 dan KD 4
|
ü
Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Jurnal :
ü Catatan guru tentang kesantunan siswa dalam pembelajaran
|
6 jp
|
Buku tentang Drama
Bebahasa Jawa/Madura
Buku Kasusastran
Jawa/Madura
|
3.3 Memahami karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan
bermain peran, dialog, dan berdiskusi
sesuai dengan tatakrama.
4.3 Bermain peran, berdialog, atau berdiskusi sesuai tatakrama
|
3.3.1
Mengidentifikasi
ciri ragam bahasa lisan dalam
teks bermain peran.
3.3.2
Menganalisis
karakteristik bahasa lisan dalam bermain peran
4.3.1 Membaca naskah sesuai dengan peran dalam teks
4.3.2 Memperagakan
peran sesuai karakter tokoh dalam teks.
4.3.3 Menyusun teks drama sederhana.
|
ü
Teks drama.
ü
Ragam bahasa
lisan
ü Karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain
peran.
ü Teknik membaca naskah
drama.
ü Teknik bermain peran.
ü Teknik menulis naskah
drama.
|
Mengamati:
Ø Peserta didik mengamati pemodelan bermain peran.
Ø Peserta didik mencermati karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan
bermain peran
Menanya
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang hal-hal yang berhubungan dengan karakteristik
bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang karakteristik
bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran melalui kerja kelompok
Ø Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik
bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik menganalisis ragam bahasa
dalam teks drama.
Ø Peserta didik menghubungkan peran dengan ragam bahasa yang digunakan.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik membaca ekspresif naskah drama.
Ø Peserta didik memperagakan naskah drama.
Ø Peserta didik menulis naskah drama.
|
Penugasan
:
ü Menulis naskah drama.
Tes Tulis :
ü
Menilai kemampuan peserta
didik dalam memahami, karakterisitik bahasa
lisan dalam teks
bermain peran.
Tes Praktik :
ü
Membaca ekspresif naskah drama.
ü
Bermain peran.
Portofolio
:
Kumpulan
hasil karya peserta didik berupa naskah drama.
|
|
|
4
|
||||||
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dan memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan
dan tulis.
|
1.3.1 Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.3.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang
pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta didik tentang
pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
Jurnal :
ü Catatan guru tentang perilaku peserta didik dalam pembelajaran.
|
|
|
|
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam
menggunakan bahasa daerah dalam
konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi,
dan kebijakan publik.
|
2.4.1
Tidak menyontek
dalam mengerjakan tugas
2.4.2
Tidak menjadi
plagiator
2.4.3
Mengerjakan tugas tepat waktu
|
|
|
Penilaian Diri :
ü Daftar isian dari peserta didik tentang kejujuran dan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas
|
|
|
3.5 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis teks beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah.
4.5 Menyusun
paragraf menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah .
|
3.5.1 Menandai tata tulis aksara Jawa /carakan Madura
dalam wacana
3.5.2 Mengelompokkan tata
tulis aksara Jawa /carakan Madura sesuai dengan
fungsinya.
4.5.1
Menulis kalimat
menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah.
4.5.2
Menulis
paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan
Madura sesuai kaidah
4.5.3
Mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke aksara
Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
|
ü
Teks beraksara
Jawa /carakan Madura
ü
Tata tulis :
-
pada lingsa/lèngsa
-
pada lungsi/longsè
-
pada adeg-adeg/dhek-adhek.
-
pada pangkat/tanḍhȃ
pangkat.
-
dll
ü
Fungsi tata tulis aksara Jawa /carakan
Madura
·
Teknik menulis
kalimat aksara Jawa /carakan Madura
·
Teknik menulis
paragraf aksara Jawa /carakan Madura
·
Teknik mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke aksara
Jawa /carakan Madura
|
Mengamati:
Ø Peserta didik mencermati tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks
Ø Peserta didik menandai
tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks
Menanya
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang tata
tulis aksara Jawa/ carakan Madura
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang tata
tulis aksara Jawa/ carakan Madura melalui kerja kelompok
Ø Peserta didik mendiskusikan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura
Ø Peserta didik berlatih mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
Mengasosiasi
Ø Peserta didik menganalisis penerapan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura
Ø Peserta didik menyimpulkan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura sesuai dengan
fungsinya
Mengomunikasikan:
Ø
Peserta didik mengalihtuliskan
paragaraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan
Madura dan sebaliknya sesuai
kaidah
Ø
Peserta didik menulis paragraf
menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
|
Tes tertulis :
ü
Menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan tata tulis aksara Jawa /carakan Madura
Penugasan:
ü
Menulis
paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan Madura
Tes Praktik:
ü
Mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke aksara
Jawa /carakan Madura dan sebaliknya sesuai kaidah
Portofolio :
ü Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik
berupa teks ber aksara Jawa/ carakan Madura
|
6 jp
|
|
SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM
2013
Satuan Pendidikan
: SMA/MA/SMK/MAK
Kelas : X
Semester : Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
5
|
||||||
1.1 Menghargai dan men-syukuri keberadaan bahasa
daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
berbahasa daerah, serta untuk
melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk
didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kebudayaan
Nasional.
|
1.1.1
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
|
Terintegrasi dalam
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang
pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta didik tentang
pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
Jurnal :
ü Catatan guru tentang kegiatan belajar peserta didik
|
6 jam
|
Buku Kawruh Kasusastran
Jawa/ Madura
Kamus Bahasa Jawa/Madura
Artikel berbahasa
Jawa/Madura
|
|
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
menggunakan bahasa daerah dalam teks
sastra dan nonsastra, wacana beraksara Jawa/carakan Madura, dengan tema
bahasa, sastra dan budaya daerah.
|
2.1.1
Membetulkan
kesalahan berbahasa teman dalam berkomunikasi
|
|
|
|||
3.4 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis
penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra
secara lisan dan tulis.
4.4 Membandingkan
penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara lisan dan tulis.
|
3.4.1
Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks sastra.
3.4.2
Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks non sastra
3.4.3
Mengklasifikasikan jenis basa
rinengga/lalongèt dalam teks
3.4.4
Menjelaskan
makna basa rinengga/lalongèt dalam teks.
3.4.5
Menganalisis
basa
rinengga/lalongèt dalam teks
3.4.6
Menganalisis panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya.
4.4.1
Membandingkan penggunaan bahasa dalam teks sastra
dengan teks non sastra.
4.4.2
Membuat kalimat yang
memuat basa
rinengga/lalongèt
4.4.3
Menulis paragraf yang memuat basa
rinengga/lalongèt
3.4.7
Mendemonstrasikan teks panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya.
|
·
Teks yang memuat basa rinengga/lalongèt
·
Karakterisitik bahasa dalam teks sastra
·
Jenis basa rinengga/ lalongèt
·
Makna basa rinengga/ lalongèt.
·
Penggunaan basa rinengga/ lalongèt .
·
panyandra/oca’
pangalem
·
Teks sastra dan
non sastra
· Teknik menyusun kalimat
· Teknik menyusun
paragraf
· Teks panyandra/oca’
pangalem
|
Mengamati:
Ø Peserta didik membaca teks yang memuat basa rinengga/lalongèt
Ø Peserta didik mencermati ciri-ciri dan jenis basa rinengga/lalongèt
Menanya:
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang ciri-ciri bahasa dalam teks
sastra.
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang ciri-ciri bahasa dalam teks non
sastra
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang jenis dan makna basa rinengga/lalongèt
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang basa rinengga/lalongèt dalam
teks.
Ø Peserta didik mendiskusikan basa rinengga/lalongèt dalam
teks.
Ø Peserta didik berlatih menulis kalimat menggunakan basa rinengga/lalongèt..
Mengasosiasi
Ø Peserta didik menganalisis basa rinengga/lalongèt
dalam teks
Ø Peserta didik menyimpulkan jenis basa
rinengga/lalongèt
berdasarkan perbedaan cirinya
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menyampaikan hasil temuan basa rinengga/lalongèt masing-masing
kelompok di depan kelas
Ø Peserta didik menulis kalimat yang memuat basa rinengga/lalongèt.
Ø Peserta didik mengubah kalimat lugas menjadi kalimat yang menggunakan basa
rinengga/lalongèt.
Ø Peserta didik mendemonstrasikan
pembacaan teks panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya
|
Penugasan:
ü
Membuat paragraf menggunakan basa rinengga/lalongèt
Tes Tulis :
ü
Menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan basa rinengga/lalongèt
Tes
Praktik
ü
Menyajikan teks
panyandra/oca’ pangalem
Portofolio
ü
Kumpulan hasil
kerja peserta didik.
|
|
|
6
|
||||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
|
1.3.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan
1.3.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü
Observasi peserta
didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü
Observasi peserta
didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
|
6 jp
|
Buku Pedoman Penulisan
Aksara Jawa/Carakan Madura
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif menggunakan bahasa daerah dalam
pelaporan hasil karya sastra dan nonsastra, wacana beraksara Jawa/carakan
Madhurả, dengan tema bahasa, sastra dan budaya daerah.
|
2.2.1 Selalu
menggunakan bahasa daerah dalam berkomonikasi
|
|
Penilaian Diri
ü Menilai diri
sendiri tentang penggunaan bahasa
daerah dalam berkomunikasi
|
|
|
|
3.5
Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis teks
beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah
4.5 Menyusun paragraf menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah
|
3.5.1
Menjelaskan
tatacara penulisan Aksara Murda/aksara rajȃ.
3.5.2
Menjelaskan
tatacara penulisan Aksara Swara.
3.5.3
Menjelaskan
tatacara penulisan Aksara Rekan/aksara rèkaan.
4.5.1 Menulis kalimat yang mengandung Aksara
Murda/aksara rajȃ
4.5.2
Menulis kalimat
yang mengandung Aksara Swara.
4.5.3
Menulis kalimat
yang mengandung Aksara Rekan/aksara rèkaan.
4.5.4
Menulis
paragraf yang padu.
|
· Teks yang memuat Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan
· Tata cara penulisan:
- Aksara
Murda/aksara rajȃ.
- aksara swara/
· Aksara
Rekan/aksara rèkaan
· Teknik menulis kalimat menggunakan :
-
Aksara Murda/aksara
rajȃ
-
Aksara Swara
-
Aksara Rekan/aksara
rèkaan
· Teknik menulis paragraf
|
Mengamati:
Ø Peserta didik membaca teks yang memuat Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Ø Mencermati tata tulis Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Menanya
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang hal-hal yang berhubungan dengan tata
tulis kalimat menggunakan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang tata
tulis kalimat menggunakan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan dari berbagai sumber
Ø
Peserta didik berlatih menulis kalimat menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik menganalisis penerapan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Ø Peserta didik menyimpulkan tata tulis aksara Jawa/carakan Madura menggunakan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menulis kalimat yang memuat Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Ø Peserta didik menulis paragraf
padu menggunakan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
|
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam menulis teks aksara Jawa/carakan Madura
Penugasan :
ü Menulis kalimat menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan
Tes Praktik :
ü Menulis paragraf padu
menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ,
Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan
ü Membaca paragraf padu
menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ,
Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan
Portofolio
:
ü Kumpulan hasil kerja
peserta didik tentang tatatulis Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Rekan/aksara rèkaan.
|
|
|
1.4 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam
mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis.
|
1.4.1 Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.4.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial
peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan
dengan :
ü Observasi peserta didik tentang
pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta didik tentang
pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
|
8 jp
|
|
|
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli,
responsif, dan santun menggunakan bahasa daerah dalam teks sastra dan non sastra, wacana
beraksara Jawa/carakan Madhurâ,
dengan tema bahasa, sastra dan budaya daerah.
|
2.1.1 Mengerjakan
tugas
tepat waktu
2.1.2Tidak menjadi plagiator dalam berkarya
2.1.3Melibatkan diri dalam
berbagai kegiatan.
|
|
Penilaian Diri:
ü Menilai diri sendiri tentang tanggung jawab, kejujuran, dan kepedulian
dalam mengerjakan tugas.
|
|
|
|
3.6 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis puisi tradisional atau modern sesuai dengan karakteristik.
4.6 Membaca, mencipta, dan mempublikasikan
puisi tradisional atau modern.
|
3.6.1 Menjelaskan jenis tembang macapat/ mamaca macopat
3.6.2 Menjelaskan ciri-ciri tembang macapat/ mamaca macopat
3.6.3 Menjelaskan isi
tembang macapat/ mamaca macopat.
4.6.1Mengarang tembang macapat/ mamaca macopat.
4.6.2 Mempublikasikan
tembang macapat/ mamaca macopat hasil karya sendiri.
4.6.3 Melagukan tembang macapat/mamaca macopat karya
sendiri di depan kelas.
4.6.4 Menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat karya
sendiri
|
·
Teks tembang macapat/ mamaca macopat
·
Jenis-jenis tembang macapat/ mamaca
macopat
·
Ciri-ciri tembang macapat/ mamaca
macopat
·
Teknik penulisan tembang macapat/ mamaca
macopat
·
Tatacara publikasi tembang macapat/mamaca macopat
·
Teknik melagukan tembang macapat/ mamaca macopat
|
Mengamati:
Ø Peserta didik mencermati jenis tembang macapat/mamaca macopat melalui
VCD.
Ø Peserta didik mencermati ciri-ciri tembang macapat
Menanya:
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan ciri-ciri dan jenis tembang macapat/mamaca macopat
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan cara membuat teks tembang macapat/mamaca macopat
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang ciri,
jenis dan cara membuat tembang macapat/mamaca macopat
dari berbagai sumber
Ø Peserta didik mendiskusikan ciri, jenis dan cara membuat tembang macapat/mamaca macopat .
Ø Peserta didik berlatih melagukan tembang macapat/mamaca macopat.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik menganalisis ciri-ciri dan jenis tembang macapat/mamaca macopat
Ø Peserta didik menyimpulkan tata cara membuat tembang macapat/mamaca macopat .
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik membuat tembang macapat/mamaca macopat
Ø Peserta didik mempublikasikan tembang macapat/mamaca macopat
hasil karyanya.
Ø Peserta didik menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat hasil karyanya.
|
Penugasan :
ü
Mengarang tembang macapat/mamaca macopat.
Tes Tulis :
ü
Menilai
kemampuan peserta didik tentang jenis, ciri-ciri, dan isi tembang macapat/mamaca macopat
Tes Praktik:
ü
Peserta didik
melagukan tembang macapat/mamaca
macopat karya sendiri.
ü
Peserta didik menceritakan isi tembang macapat/mamaca
macopat karya sendiri.
Portofolio :
ü
Kumpulan hasil
karya peserta didik.
|
|
o
Buku Kasusastran
Jawa/Madura
o
Sarining
Kasusastran Jawi
o
Ki
PadmaSoekotjo
o
Nyekaraken
(Tuntunan Tembang Macapat)
o
Hardja Wiraga
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar